Make your own free website on Tripod.com

ABI (Asosiasi BMX Indonesia)
Kawan atau Lawan???

Catatan: Buat WIM Cycle factory team: Ini bukan berarti kalo gua benci elo pade.. ini berarti kalo gua benci WIM Cycle!!! Elo pade tetep "some of the best BMX riders Indonesia has", gua 'gak mungkin benci sama orang yang suka sama BMX!!!

Seperti yang udah elo-elo pade tau, beberapa waktu berselang ada kabar yang menyatakan bahwa Asosiasi BMX Indonesia (ABI) baru aja lahir... Gue nggak tau nih harus seneng apa sedih denger berita ini, soalnya 'gak lama setelah itu ada kabar yang bilang kalo WIM Cycle sebenarnya ada di belakang ABI yang secara nggak langsung punya niatan yang gua anggep nggak baek. Menurut kabar tersebut ABI didirikan sebagai upaya dari WIM Cycle dalam melaksanakan strategi bisnis-nya (apa strategi-nya gua rasa elo udah tau dah!). Jadi menurut penilaian gua kalo hal tersebut bener, gua nggak akan mendukung berdirinya asosiasi tersebut.
Seperti yang udah kita semua ketahui, WIM Cycle tuh apaan sih? WIM kan cuman mikirin gimana bisa jual sepeda sebanyak-banyaknya doang.. kita udah lihat gimana perlakuan mereka kepada para rider-nya yang kelihatan sangat otoriter. Para rider-nya dituntut untuk bekerja semaksimal mungkin, sedangkan apa yang mereka dapetin? Sepedanya aja gampang ancur.. apa mereka 'gak mikirin keselamatan rider-nya? Mana bayarannya kecil banget lagi!!
Gue takut kalo hal tersebut bener, kita bakalan di dikte seenak udelnya aja sama WIM Cycle... sementara kita, para BMX Riders yang lebih tau apa yang kita pengenin 'gak punya suara apa-apa di ABI!! Lalu apa gunanya Asosiasi tersebut dari kita?? Langkah nyata apa yang akan mereka lakukan untuk memajukan olah raga kecintaan kita ini?
Ada yang bilang kalo WIM tuh cuman minjemin duit doang buat membantu kelahiran ABI yang nantinya akan dikembalikan. Tapi dari pengalaman gua, yang namanya  utang ya utang!! Selama kita masih punya utang kita harus pinter-pinter ngejilat si pemberi utang tersebut... yang ujung-ujungnya ya akhirnya kita harus ngikutin apa kata si pemberi utang tadi (percaya dah... gua sering banget ngutang, tanya aja sama Iwan dan Iga). Akhirnya? Ya selama utang tersebut belum lunas ya kita 'gak bakalan bisa independen. Padahal kalo dipikir-pikir lagi, WIM Cycle kan juga udah banyak diuntungkan oleh kita. Karena kalo kita 'gak ada, tuh yang namanya BMX kan 'gak bakalan ngetop.. yah otomatis produk-nya WIM 'gak bakalan laku juga.
Lalu apa kita perlu diadakannya suatu asosiasi BMX? Ya Jelas perlu!! Tapi yang bagaimana dulu... Yang jelas kita harus ingat bahwa yang paling tau apa yang kita pengenin ya kita sendiri.. jadi gue rasa ya berakar dari kita-kita sendiri, para BMX Riders, asosiasi tersebut harus di buat. Kita bisa aja patungan (jual kambing kek, atau jual diri kek, gua 'gak mau tau!!) untuk buat asosiasi tersebut. Yang namanya patungan tuh bukan berarti duit aja lho!! Patungan yang gua sebutin tadi juga berarti bantuan moral dan tenaga demi memajukan BMX di negeri kita ini, yang penting kita harus bener-bener indenpenden!!!
Mungkin elu pade mikir kalo gua terlalu ngecap kalo ABI tuh jelek.. tapi percaya deh, kalo gua nggak punya pikiran seperti itu. Gua cuman nggak mau kalo olah raga yang gua cintai ini jadi ajang bisnis... terlebih-lebih oleh mereka yang nggak tau BMX dan nggak pernah mikirin gimana cara majuin BMX di Indonesia. Tapi kalo ada suatu asosiasi yang bener - bener by riders and for riders, gua pasti akan dukung sepenuh hati gua.
Yah itu deh pendapat gua tentang kelahiran ABI baru-baru ini, bukan berarti gua apatis sama ABI, cuman gua mau bilang apa ABI tuh udah seperti apa yang kita-kita pengenin?? Mudah-mudahan aja gua salah.

The Azrael
Gua pernah liat BMX lahir di Indonesia, gua pernah liat BMX mati, sekarang gua ngeliat kelahiran BMX kembali di Indonesia, gua nggak pengen ngeliat BMX mati lagi!!!